Monday, November 8, 2010

Hikmah di Balik Musibah


Beberapa hari terakhir, tidak henti-hentinya berita tentang musibah dan bencana dalam skala besar, mulai dari banjir bah di Wasior, Gunung Merapi meletus, Gempa dan Tsunami di Mentawai dan nampaknya bencana seperti ini tidak ada henti-hentinya.
Sebagai orang yang percaya Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang, tetap memandang apapun gejala alam ini dengan kacamata Syari?ah. Sebab apapun yang terjadi tidak luput dari kehendak Allah SWT. Diantara hikmah yang bisa kita petik dibalik segala bencana ini antara lain:

      Pertama, menjadi ujian kesabaran seorang mukmin, karena disaat musibah datang terlihat sekali sikap seorang hamba yang sebenarnya, apakah berbaik sangka atau justru sebaliknya berburuk sangka atau bahkan menyalahkan dan mencaci maki Allah SWT, Allah SWT berfirman:







"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, Padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: ?Bilakah datangnya pertolongan Allah?? Ingatlah, Sesungguhnya pertolongan Allah itu Amat dekat."
 (QS. al Baqarah : 214).

8 comments:

Yan said...

Bersabar dgn segal ujian ALLAH.. Baik dtg dari ALLAH. Buruk dari kita

Siti said...

pesan ustazah saya dulu, Tuhan bagi kita ujian tu tanda Dia sayangkan kita. innallaha ma'ana. =)

daradotcom said...

@yan, @siti - a`ah btol tu....

myseposeng said...

Anggap lah musibah yang datang tu adalah tarbiyyah dari Allah..Teguran lembut dari Sang Pencipta..

alexa yussida said...

salam..nice post..tenkiu for the sharing

rinn said...

salam...setiap kejadian mesti ada hikmah di sebaliknya...

Seri Bahasa said...

setiap musibah yang datang ada hikmahnya dan juga peringatan Allah kepada umatNya. terpulang kepada umat manusia untuk menilai serta mengambil iktibar dari musibah tersebut.

caliph shuriken said...

thanks for sharing...

Video "Rancangan Barat Memecah belahkan Umat Islam"

VIDEO MENARIK "RANCANGAN BARAT MEMECAH BELAHKAN UMAT ISLAM"